Tips / Cara Sederhana Cegah Stroke

Saturday, January 18, 2014

print this page
send email
Keadaan Stroke, juga dikenal sebagai kejadian serebro-vaskular (menyangkut pembuluh darah otak), dan sering dikaitkan dengan serangan otak.

Menurut data "Badan Kesehatan Dunia" atau WHO yang dipublikasikan pada April 2011, angka kematian akibat serangan stroke di Indonesia mencapai 138,268 kematian atau sekitar 9.7% dari semua jenis sebab kematian. Atau 90.01 kematian per 100,000 penduduk Indonesia.

Berdasarkan data "Kementerian Kesehatan" tahun 2011, delapan dari setiap 1.000 orang di Indonesia, terkena stroke. Selain itu, stroke juga penyebab utama kematian pada semua umur dengan proporsi 15,4 persen. Setiap tujuh orang yang meninggal di Indonesia, satu di antaranya karena stroke.

Stroke jelas menjadi momok yang menakutkan bagi siapapun, karena penyakit ini dapat menyebabkan gangguan pada aliran pembuluh darah dan ini menyerang semua kalangan umur.

Hal Apa Yang Bisa Kita Lakukan Untuk Mencegah Serangan Stroke ?

Dan berikut ada beberapa Cara Sederhana Cegah Stroke :

Berolah raga secara teratur
Berdasarkan hasil penelitian terbaru Paul Williams, Ph.D. dari Lawrence Berkeley National Laboratory. Dia menjelaskan bahwa rutin berjalan dapat mengurangi risiko osteoarthritis, kondisi di mana sendi seseorang mengalami penurunan fungsi hingga bisa menempatkan Anda di kursi roda jika tua nanti.

Dalam studi tersebut, peneliti mengobservasi 75.000 pelari dan 15.000 pejalan kaki lebih dari tujuh tahun. Hasilnya, ditemukan data bahwa berjalan dapat membantu mengurangi risiko osteoarthritis dan memangkas kemungkinan terserang panyakit jantung dan stroke.

William menambahkan, seseorang harus berjalan dengan jarak sekira satu sampai 2.2 mil per hari atau sekira delapan sampai 15 mil tiap pekan. Dalam sebuah hasil penelitian terpisah, dijelaskan bahwa berjalan juga mencegah Anda mengalami stroke atau gagal jantung.

Menjaga berat badan normal, juga memonitor dan kendalikan tekanan darah dan kadar lemak tubuh dengan komposisi yang sehat (kadar LDL dan HDL dan Trigliserida)

Janganlah terlalu banyak memakan makananan berkarbohidrat dan berlemak tinggi
Cukupi kebutuhan makanan berserat untuk wanita membutuhkan 25 gram serat per hari sedangkan laki-laki membutuhkan 38 gram serat per hari, menurut rumus Institute of Medicine berdasarkan aturan mendapatkan 14 gram serat untuk setiap 1.000 kalori

Mempunyai pola hidup sehat, menghindari rokok dan alkohol yang berlebihan.
Perbanyak minum air putih, mineral 8 gelas sehari, hindari minuman beralkohol, bersoda dan minuman dengan kandungan gula dan kafein tinggi. Jus sayuran dan buah baik untuk menjaga dan memelihara kesehatan tubuh.

Mengelolah stress dan kesibukan dengan rekreasi, relaksasi dan meditasi.
Stres bukan hal sepele, kondisi mental tak stabil itu memberikan dampak yang beranekan macam. Salah satu dampak yang cukup mengerikan yaitu stroke. Beban kerja yang tinggi, masalah keuangan, tekanan hidup yang berat, atau keinginan yang tidak tercapai tanpa disadari bisa menyebabkan efek jangka panjang pada fisik dan mental.

Tidak sulit mengelola stres dengan baik jika seseorang menyadari datangnya stres lebih awal. Dan setiap orang memiliki kemampuan untuk mengelola stres dengan baik, misalnya relaksasi. Merawat tubuh salah satu cara untuk mengusir stres. Cobalah berendam di air hangat untuk mengendurkan otot-otot tubuh yang kaku, melakukan pijatan untuk memperlancar aliran darah.

Pola makan yang sehat
dengan nilai gizi yang seimbang.
Menu buah dan sayuran dalam diet sangat penting untuk menurunkan resiko penyakit stroke.

Adapun buah-buahan yang dapat mencegah stroke yaitu :
  1. Citrus ->  Memakan buah jeruk, atau sejenisnya, selalu mencitrakan kehidupan yang sehat. Tetapi, rupanya tidak hanya itu.
  2. Kedelai -> Kedelai, dalam bentuk susu atau makanan lain, tentu sangat enak. Namun, kedelai juga bermanfaat dalam menurunkan resiko penyakit stroke.
  3. Noni -> Buah Noni terkenal karena kemampuannya menjaga tekanan darah tetap stabil.
  4. Apel -> ‘Sebutir apel sehari, kamu tidak akan pernah ke dokter,’ begitu kira-kira kata pepatah barat.
  5. Pisang -> Inilah salah satu alasan Anda perlu memasukkan pisang dalam menu makan siang Anda: Pisang kaya akan kandungan kalium.
  6. Kacang-Kacangan -> Kacang-kacangan juga baik untuk kesehatan pembuluh darah karena mengandung banyak asam folat.

Istirahat yang cukup Setiap hari ber- istirahat dan tidur yang cukup, minimal 8 jam sehari.
Tidur pada malam hari selama enam sampai delapan jam perhari sangat baik untuk kesehatan.
Tubuh akan bekerja menyembuhkan dirinya sendiri saat anda tertidur. Selain itu juga dapat menghilangkan stress karena orang yang kurang tidur kadar kortisol (hormon stress) akan 50% lebih banyak di aliran darah dibanding mereka yang tidur cukup. Istirahat yang berkualitas di malam hari juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit.


Demikian sedikit penjelasan seputar "Tips / Cara Sederhana Cegah Stroke" yang bisa kami himpun dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat bagi kita. Wassalam.

Kumpulan Tips Badry yang lainnya lihat   DISINI



Cpx24.com CPM Program

0 Komentar:

Post a Comment

Pemberitahuan :
Mohon maaf apabila komentar Sobat dari Facebook tidak bisa saya jawab semua, dikarenakan sulit untuk memoderasi komentar dari Facebook, bila sobat ada pertanyaan yang ingin lansung saya jawab, silakan Sobat berkomentar dari id Blogger.

** Jika anda terbantu dengan apa yang ada di blog ini jangan lupa untuk IZIN COPAS dan Ucapan Terimasih pada kotak komentar di bawah.**



close
Chat