Cara Meningkatkan Memori ( Ingatan ) Anda

Saturday, January 18, 2014

print this page
send email
Tips dan Latihan Mengasah Pikiran Anda dan Meningkatkan Daya Otak

Seperti yang disebutkan oleh helpguide.org Sebuah memori yang kuat tergantung pada kesehatan dan vitalitas otak. Apakah Anda seorang mahasiswa belajar untuk ujian akhir, seorang profesional yang bekerja berminat melakukan semua yang Anda bisa untuk tetap menghasilkan hasil yang maksimal, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan memori/ingatan Anda dan performa mental.


Memanfaatkan kekuatan otak Anda

Otak manusia memiliki kemampuan yang mengagumkan untuk beradaptasi dan berubah-bahkan sampai usia tua. Kemampuan ini dikenal sebagai neuroplastisitas. Dengan stimulasi tepat, otak Anda dapat membentuk jalur saraf baru, mengubah koneksi yang ada, dan beradaptasi serta bereaksi dengan cara yang selalu berubah.

Kemampuan luar biasa otak untuk membentuk kembali dirinya sendiri berlaku ketika datang ke pembelajaran dan memori. Anda dapat memanfaatkan kekuatan alami neuroplastisitas untuk meningkatkan kemampuan kognitif Anda, meningkatkan kemampuan Anda untuk mempelajari informasi baru, dan meningkatkan memori Anda.


Meningkatkan memori tips 1 : Jangan terlalu jarang olahraga atau tidur
Sama seperti seorang atlet bergantung pada tidur dan diet nutrisi-dikemas untuk melakukan nya atau sebaik mungkin, kemampuan Anda mengingat meningkat bila Anda memelihara otak Anda dengan diet yang baik dan kebiasaan sehat lainnya.

Ketika tubuh Anda berolahraga, otak Anda juga berolahraga
Merawat tubuh Anda dengan baik dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk memproses dan mengingat informasi. Latihan fisik meningkatkan oksigen ke otak Anda dan mengurangi risiko untuk gangguan yang menyebabkan hilangnya memori, seperti diabetes dan penyakit jantung. Olahraga juga dapat meningkatkan efek dari bahan kimia otak dan membantu melindungi sel-sel otak.

Meningkatkan memori Anda dengan sleeping on it
Saat Anda kurang tidur, otak Anda tidak dapat beroperasi pada kapasitas penuh. Kreativitas, kemampuan pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir kritis terganggu. Apakah Anda belajar, bekerja, atau mencoba untuk menyulap banyak tuntutan kehidupan, kurang tidur adalah awal untuk bencana.

Lebih dari tertidur sangat penting untuk belajar dan mengingat secara lebih mendasar. Penelitian menunjukkan bahwa tidur diperlukan untuk konsolidasi memori, dengan kunci aktivitas memori yang meningkatkan terjadi selama tahap terdalam dari tidur.


Meningkatkan memori tips 2 : Luangkan waktu untuk teman-teman dan menyenangkan diri
Ketika Anda memikirkan cara-cara untuk meningkatkan memori, bagaimana pendapat Anda tentang kegiatan "serius" seperti bermain teka-teki silang atau menguasai strategi catur, atau melakukan kegiatan lebih ringan seperti hiburan-nongkrong dengan teman-teman atau menikmati film lucu datang untuk masuk ke pikiran? Studi yang tak terhitung jumlahnya menunjukkan bahwa kehidupan yang penuh dengan teman dan menyenangkan diri dilengkapi dengan manfaat kognitif.

Hubungan yang sehat: pendorong utama memori?
Manusia adalah mahkluk yang sangat sosial. Kita tidak dimaksudkan untuk bertahan hidup, apalagi berkembang, secara tersendiri. Hubungan menstimulasi otak kita-pada kenyataannya, berinteraksi dengan orang lain dapat menjadi jenis olahraga otak.

Penelitian menunjukkan bahwa memiliki hubungan yang bermakna dan sistem dukungan yang kuat sangat penting tidak hanya untuk kesehatan emosional, tetapi juga untuk kesehatan otak. Dalam satu studi terbaru dari Harvard School of Public Health, misalnya, peneliti menemukan bahwa orang dengan kehidupan sosial yang paling aktif memiliki tingkat paling lambat menurunnya kemampuan ingatan.

Ada banyak cara untuk mulai mengambil keuntungan dari otak dan meningkatkan-memori manfaat untuk bersosialisasi. Contoh relawan, bergabung dalam sebuah klub, menjadikan itu sebagai jalur untuk lebih sering melihat atau bertemu teman-temannya. Dan jika manusia tidak berpengaruh, jangan mengabaikan pengaruh memiliki hewan peliharaan terutama hewan yang sangat sosial seperti anjing dll.

Tertawa itu baik untuk otak Anda
Anda pernah mendengar bahwa tertawa adalah obat terbaik, dan itu berlaku untuk otak serta tubuh. Tidak seperti respon emosional, yang terbatas pada daerah tertentu dari otak, tape tertawa melibatkan beberapa daerah di seluruh otak.

Selanjutnya, mendengarkan lelucon dan bekerja dari punch lines mengaktifkan area otak yang penting untuk belajar dan kreativitas. Sebagai psikolog Daniel Goleman mencatatan dalam buku Emotional Intelligence-nya, "laughter/tertawa ... tampaknya untuk membantu orang berpikir lebih luas dan asosiasi lebih bebas."

Mencari cara untuk membawa tawa dalam hidup Anda? Mulailah dengan dasar-dasar ini :
  • Menertawakan diri sendiri. Berbagi momen memalukan Anda. Cara terbaik untuk menerima diri kita kurang serius adalah untuk berbicara tentang saat-saat kami mengambil diri terlalu serius.
  • Ketika Anda mendengar tawa, bergerak ke arah itu. Sebagian besar waktu, orang-orang sangat senang untuk berbagi sesuatu yang lucu karena memberikan mereka kesempatan untuk tertawa lagi dan tanggapan dari humor Anda temukan di dalamnya. Ketika Anda mendengar tawa, mencari itu dan bertanya, "Apa yang lucu?"
  • Menghabiskan waktu dengan menyenangkan, orang-orang lucu. Mereka adalah orang yang mudah tertawa-baik diri mereka sendiri dan pada kehidupan kekonyolan-yang secara rutin dan menemukan humor dalam kejadian sehari-hari. Tempat menyenangkan pandang mereka dan tawa yang menular.
  • Kelilingi diri Anda dengan pengingat untuk meringankan. Jauhkan mainan di mejamu atau di mobil Anda. Memasang poster lucu di kantor Anda. Pilih screensaver komputer yang membuat Anda tertawa. Foto Frame Anda dan keluarga atau teman-teman ketika lagi bersenang-senang.
  • Perhatikan anak-anak dan meniru mereka. Mereka adalah ahli dalam bermain, mengambil kehidupan ringannya, dan tertawa.

Meningkatkan memori tips 3 : Jauhkan stres Chek in
Stres adalah salah satu musuh terburuk otak. Seiring waktu, jika dibiarkan, stres kronis menghancurkan sel-sel otak dan kerusakan hippocampus, wilayah otak yang terlibat dalam pembentukan ingatan baru dan pengambilan ingatan yang lama.

Penghilang stres, manfaat meditasi untuk peningkat-otak
Bukti ilmiah untuk manfaat kesehatan mental bermeditasi terus menumpuk. Studi menunjukkan bahwa meditasi membantu memperbaiki berbagai jenis kondisi, termasuk depresi, kecemasan, nyeri kronis, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Meditasi juga dapat meningkatkan fokus, konsentrasi, kreativitas, dan pembelajaran dan keterampilan penalaran.

Meditasi bekerja "ajaib" dengan mengubah otak yang sebenarnya. Gambar otak menunjukkan bahwa meditasi teratur memiliki aktivitas lebih banyak di korteks prefrontal kiri, area otak yang berhubungan dengan perasaan sukacita dan ketenangan hati. Meditasi juga meningkatkan ketebalan korteks serebral dan mendorong lebih banyak koneksi antara sel-sel otak-semua yang meningkatkan ketajaman mental dan kemampuan memori.


Meningkatkan memori tips 4 : Makan diet yang pendorong kinerja otak
Sama seperti tubuh membutuhkan bahan bakar, begitu juga otak. Anda mungkin sudah tahu bahwa diet berdasarkan buah-buahan, sayuran, biji-bijian, lemak "sehat" (seperti minyak zaitun, avacados, kacang-kacangan, ikan) dan protein akan memberikan banyak manfaat kesehatan, tapi seperti diet juga dapat meningkatkan memori . Tapi untuk kesehatan otak, bukan hanya apa yang Anda makan-itu juga apa yang Anda tidak dimakan. Tips gizi berikut ini akan membantu meningkatkan kemampuan otak dan mengurangi risiko demensia :
  • Pastikan Anda dapatkan omega-3. Semakin banyak bukti menunjukkan bahwa omega-3 asam lemak yang sangat bermanfaat bagi kesehatan otak. Ikan merupakan sumber sangat kaya omega-3, air "lemak ikan" terutama cold seperti salmon, tuna, halibut, trout, mackerel, sarden, dan ikan haring. Selain meningkatkan kemampuan otak, makan ikan juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit Alzheimer. Jika Anda bukan penggemar makanan laut, pertimbangkan sumber-sumber non-ikan omega-3 seperti kenari, benih lenan tanah, minyak biji rami, labu musim dingin, ginjal dan kacang pinto, bayam, brokoli, biji labu, dan kedelai.
  • Batasi kalori dan lemak jenuh. Penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi lemak jenuh (dari sumber seperti daging merah, susu, mentega, keju, krim asam, dan es krim) meningkatkan risiko demensia dan merusak konsentrasi dan memori. Makan terlalu banyak kalori di kemudian hari juga dapat meningkatkan risiko kerusakan kognitif. Bicaralah dengan dokter atau ahli gizi mengenai pembuatan suatu rencana makan yang sehat.
  • Makan lebih banyak buah dan sayuran. Menghasilkan yang dikemas dengan antioksidan, zat yang melindungi sel-sel otak Anda dari kerusakan. Buah-buahan dan sayuran berwarna adalah antioksidan "super" sumber yang sangat baik. Cobalah sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli, selada romaine, lobak Swiss, dan Rocket, dan buah seperti aprikot, mangga, melon, dan semangka.
  • Minum teh hijau. Teh hijau mengandung polifenol, antioksidan kuat yang melindungi terhadap radikal bebas yang dapat merusak sel-sel otak. Di antara banyak manfaat lainnya, konsumsi rutin teh hijau dapat meningkatkan memori dan kewaspadaan mental dan penuaan otak secara lambat.
  • Minum anggur (atau jus anggur) di moderasi. Menjaga konsumsi alkohol di periksa adalah kuncinya, karena alkohol membunuh sel-sel otak. Tapi dalam moderasi (sekitar 1 gelas sehari untuk wanita, 2 untuk pria), alkohol justru dapat meningkatkan memori dan kognisi. Anggur merah tampaknya menjadi pilihan terbaik, karena kaya resveratrol, sebuah flavonoid yang meningkatkan aliran darah di otak dan mengurangi risiko penyakit Alzheimer. Pilihan resveratrol-terkandung lainnya termasuk jus anggur, jus cranberry, anggur segar serta buah, dan kacang tanah.

Meningkatkan memori tips 5 : Berikan otak Anda sebuah latihan
Pada saat Anda telah mencapai usia dewasa, otak Anda telah mengembangkan jutaan jalur saraf yang membantu Anda mengolah informasi dengan cepat, terbiasa memecahkan masalah, dan familiar melaksanakan tugas. Tetapi jika Anda selalu berada di jalur yang sudah usang, tidak memberikan stimulasi otak yang dibutuhkan untuk terus tumbuh dan berkembang. Anda harus melatihnya dari waktu ke waktu!

Memori, seperti kekuatan otot, mengharuskan Anda untuk "menggunakannya atau kehilangan itu." Semakin banyak Anda bekerja di luar otak, semakin baik bisa memproses dan mengingat informasi. Kegiatan terbaik melatih otak istirahat secara teratur dan menantang Anda untuk menggunakan dan mengembangkan jalur otak baru.


Demikian sedikit penjelasan seputar "Cara Meningkatkan Memori ( Ingatan ) Anda" yang bisa kami himpun dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat bagi kita. Wassalam.

Kumpulan Tips Badry yang lainnya lihat   DISINI



Cpx24.com CPM Program

0 Komentar:

Post a Comment

Pemberitahuan :
Mohon maaf apabila komentar Sobat dari Facebook tidak bisa saya jawab semua, dikarenakan sulit untuk memoderasi komentar dari Facebook, bila sobat ada pertanyaan yang ingin lansung saya jawab, silakan Sobat berkomentar dari id Blogger.

** Jika anda terbantu dengan apa yang ada di blog ini jangan lupa untuk IZIN COPAS dan Ucapan Terimasih pada kotak komentar di bawah.**



close
Chat