Fakta Unik Tentang Menangis

Tuesday, January 7, 2014

print this page
send email
Setiap orang memiliki pengalaman menangis dalam hidup mereka. Mulai dari hari pertama mereka dilahirkan, mereka sudah memiliki pengalaman pertama mengeluarkan air mata.


Menangis adalah cara untuk mengekspresikan emosi seseorang. Manusia biasanya akan menangis ketika merasa sakit baik secara fisik ataupun mental. Namun demikian, terkadang di saat bahagia pun manusia bisa juga menangis.

Ada banyak fakta unik dan menarik mengenai menangis yang belum kita ketahui. Menurut laman Fit Sugar, setidaknya ada enam fakta unik tentang menangis yang menyimpulkan beragam penelitian mengenai menangis.


fakta unik tentang menangis berikut kita bahas satu persatu :

1. Menghilangkan Rasa Marah
Sekitar 85 persen wanita dan 73 persen pria mengakui jika rasa marah dan sedih akan berkurang setelah menangis. Seperti yang kita ketahui, air mata tidak hanya diproduksi karena adanya perasaan emosional saja, namun juga berfungsi untuk membersihkan dan mengurangi dehidrasi pada membran mata yang dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Iritasi dan menguap juga bisa memicu naiknya produksi air mata. Namun, meskipun keduanya bisa menyebabkan munculnya air mata,  air mata emosional dan air mata disebabkan iritasi sebenarnya memiliki komposisi kimia yang berbeda.

2. Wanita Lebih Sering Menangis
Rata-rata, wanita menangis sebanyak 47 kali dalam setahun, sedangkan pria menangis hanya tujuh kali setahun. Namun, ini bukan hanya karena perempuan dianggap lebih emosional dan lemah dibanding laki – laki, melainkan fakta – fakta  medis menyebutkan bahwa saluran air mata pria memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan wanita. Sedangkan untuk bayi, durasi normal menangis mereka adalah sekitar 1 – 3 jam sehari.

3. Paling Sering Malam hari
Kita tidak bisa memprediksi kapan kita akan menangis karena kita tidak bisa memprediksi emosi kita juga. Namun menurut penelitian, sebenarnya ada jeda waktu ketika orang sering menangis. Hal itu diketahui bahwa waktu ketika orang paling banyak menangis adalah antara pukul 19.00 – 22.00 malam.

4. Rata-rata Berdurasi 6 Menit
Tak hanya waktu yang menunjukkan kapan orang sering menangis, tetapi durasinya juga. Meskipun hanya berlangsung sebentar, rata – rata  sebagian besar orang menghabiskan waktu sekitar 6 menit setiap kali menangis.

5. Menangis itu Sehat
Tak perlu malu karena menangis. Menurut para ilmuwan, menangis tak hanya sekedar respon tubuh terhadap kesedihan dan frustasi, namun juga menandakan sehat. Selain itu, menangis juga bisa menurunkan tekanan darah dan denyut jantung, serta membuat respon terhadap pengobatan lebih baik.

6. Dapat Meredakan Stres
Selain sehat, menangis juga cara yang ampuh untuk mengurangi stres emosional. Hal ini tentu saja baik bagi kesehatan, karena stres memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa air mata mengandung hormon prolaktin yang efektif melawan stres.


Dari semua fakta unik seputar menangis di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa menangis banyak manfaatnya. Menangis bukanlah hal yang memalukan. Jadi, jangan ragu atau merasa malu untuk mengungkapkan perasaan kita, jika ingin menangis.


Baiklah itu dia sedikit tentang fakta unik yang saya share kali ini, dan masih banyak lagi fakta unik dalam kehidupan kita sehari-hari, untuk itu melihat artikel saya tentang fakta-fakta unik lainnya bisa anda lihat  DISINI



Cpx24.com CPM Program

0 Komentar:

Post a Comment

Pemberitahuan :
Mohon maaf apabila komentar Sobat dari Facebook tidak bisa saya jawab semua, dikarenakan sulit untuk memoderasi komentar dari Facebook, bila sobat ada pertanyaan yang ingin lansung saya jawab, silakan Sobat berkomentar dari id Blogger.

** Jika anda terbantu dengan apa yang ada di blog ini jangan lupa untuk IZIN COPAS dan Ucapan Terimasih pada kotak komentar di bawah.**



close
Chat