Fakta Unik Tentang Melahirkan

Tuesday, January 7, 2014

print this page
send email
Birth is not only about making babies. Birth is about making mothers…strong, competent, capable mothers who trust themselves and know their inner strength.”
~BARBARA KATZ ROTHMAN, Professor of Sociology, City University of New York


Kita semua ada karena dilahirkan, mungkin kita tidak ada yang ingat dengan pengalaman tersebut. Tetapi bagi seseorang yang melahirkan mungkin menjadi satu pengalaman yang tidak akan terlupakan. Proses kelahiran adalah suatu misteri, tidak dapat dijelaskan, menakutkan, memberi inspirasi, penuh keajaiban, menyakitkan, menyenangkan. Bagaimana dan mengapa sesuatu kehidupan baru hadir kedalam dunia ini hanya bisa renungkan dengan muka seperti di bawah ini :


1.Menghitung Hari.
Dimulai dari proses pembuahan sampai kelahiran seorang manusia dibutuhkan waktu sekitar 38 minggu. Yaitu 266 hari atau 6.384 jam. Hanya sekitar 5% proses kelahiran terjadi pada waktu yang tepat. Semua ini karena sang bayi lah yang menentukan kapan dia memilih waktu untuk melihat dunia, bukan sang dokter atau kalender. Jadi dapat di simpulkan bahwa semua ini salah bayi.


2.Caesarian.
Resiko melahirkan dengan cara Operasi Caesar ini ada namun relatif kecil. Melahirkan dengan cara ini merupakan alternatif untuk menyelamatkan hidup sang bayi dalam kondisi kehamilan yang termasuk dalam resiko tinggi seperti, bayi kembar, atau adanya suatu keadaan tertentu yang mengakibatkan sang ibu tidak dapat melakukan proses kelahiran dengan cara normal.


Tetapi saat ini ada beberapa orang yang memaksakan untuk melakukan proses kelahiran dengan cara Caesar, dengan alasan mengejar waktu atau tanggal yang bagus atau sang ibu takut terjadi hal yang tidak diinginkan apabila melakukan proses kelahiran dengan cara normal dan memilih Caesar sebagai jalan keluarnya.


3.Cacat Lahir.

Setiap tahun sekitar 150.000 bayi lahir dalam kondisi cacat. Kebanyakan bayi yang lahir dalam kondisi ini memiliki orang tua yang normal dan sehat.



Cacat lahir terjadi karena penyimpangan struktur, fungsi atau kimia yang berkembang di dalam rahim, ini biasanya terjadi pada awal kehamilan. Ada beberapa kasus yang bisa di deteksi melalui test. Dari sekitar 4000 kejadian cacat lahir ada yang bisa dicegah bahkan dapat di sembuhkan.

Tetapi sayangnya beberapa proses cacat lahir membawa cacat fisik atau mental yang parah atau fatal hanya dalam waktu yang singkat saja. Cacat lahir adalah faktor pembunuh bayi No.1 tahun pertama di dalam kehidupan sang bayi.


4.Why So Serious?
Saya tidak terlalu percaya dengan penelitian tetapi penelitian mengatakan bahwa wanita yang bekerja dalam lingkungan stress yang tinggi memiliki resiko kehamilan yang tentu saja...tinggi. Seperti bayi yang memiliki berat badan yang kurang dari semestinya pada saat lahir, sering menangis dan ada kemungkinan untuk memiliki penyakit diabetes dan kelainan jantung. Disarankan bagi para wanita ini untuk tidak bekerja tidak lebih dari 24 jam dalam seminggu.



5.Super Hero
Pada tahun 2007, Frieda Birnbaum seorang psikolog di Amerika melahirkan bayi kembar melalui proses Caesar. Kehamilannya sendiri di lakukan melalu prose bayi tabung.

Seorang wanita asal Austria menjadi wanita pertama yang menjadi ibu pada umur 61 dan melahirkan anak keduanya pada umur 66 tahun.

Wanita tertua yang menjadi seorang ibu berasal dari Spanyol, usianya pada saat itu adalah 67 tahun.


6.Fast And Furious.
Palak Vyas yang berasal dari Inggris memegang rekor melahirkan tercepat. Hanya memerlukan waktu 2 menit dan hanya melakukan satu dorongan. Sang bayi lahir dalam keadaan sehat dan mungkin agak sedikit bingung dan bertanya-tanya “Ada apa ini?”




7.Kids! Don’t Try This At Home!
Pasangan termuda yang tercatat berasal dari cina, dimana sang ayah berusia 9 tahun dan sang ibu berusia 8 tahun.

Rekor nenek termuda dipegang oleh wanita asal Ukraina berumur 28 tahun, memiliki seorang cucu dari anaknya yang masih berusia 11 tahun, sang cucu lahir kedunia melalui proses Caesar.



Pada tahun 1934, Russia mengklaim memiliki ibu termuda di dunia, Yelizaveta "Liza" Gryshchenko berusia 6 tahun. Akan tetapi pada tahun 1939 rekor tersebut di pecahkan seorang anak berusia 5 tahun, Lina Medina yang berasal dari Peru. Hmmmm anak-anak di negara tropis sepertinya cepat sekali untuk dewasa…


8.Alat Kontrasepsi “Purba”
Kotoran Gajah dan Buaya merupakan alat kontrasepsi pertama yang di kenal, di gunakan di India dan Mesir 3000 tahun yang lalu. Kotoran ini di percaya memiliki nilai mistis…’yeah rite!


Pada abad pertengahan para wanita yang percaya akan hal-hal mistis mengenakan kalung yang berisi kotoran telinga keledai dan ‘biji’ musang dan mengambil tulang dari seekor kucing hitam untuk mencegah kehamilan.

Para wanita dii Cina mungkin paling ekstrim dalam hal kontrasepsi ini, mereka meminum timbal dan merkuri (timbal disini adalah timah bukan nasi, kalau nasi namanya timbel) Kedua elemen ini memang terbukti dapat membuat wanita steril dan biasanya ampuh dalam proses KB yaitu…kematian!  Ini tidak salah, apabila si wanita mati maka tidak dapat melahirkan anak bukan?


9.The Girl With A Butterfly Tattoo.
Wanita yang memiliki tato di punggung bagian bawah memiliki resiko untuk merasakan sakit yang lebih tinggi dalam proses melahirkan di bandingkan yang tidak memiliki tato. Daerah punggung bagian bawah biasanya populer dengan tato bergambar kupu-kupu, bukan begitu ladies?


10.Ibu Atau Bapak?
Kuda laut merupakan satu-satunya lelaki yang dapat melahirkan. Kuda laut betina memasukkan Ovipositornya kedalam kantung kuda laut jantan, saya sendiri juga tidak tahu apa Ovipositor itu, lagi males googling dan translatenya.

Berbicara tentang kuda, seekor kuda poni di Inggris berhasil mengalahkan takdir 10.000 berbanding 1, yaitu melahirkan anak kembar dengan selamat. Kedua ekor anaknya berhasil hidup (mungkin sekarang di pergunakan untuk syuting film-film produksi Disney). Biasanya proses kelahiran kembar ini tidak berhasil dengan baik, lain kata biasanya hanya satu yang berhasil hidup atau dua-duanya dipastikan mati.


11.Waktunya Makan!
Selama tiga hari di Mumbai, India, seekor ular boa melahirkan 22 ekor ular boa mini (kedengarannya aneh tetapi ular boa melahirkan anak bukan bertelur seperti ular-ular biasanya). Boa mini ini di pisahkan di dalam kandang terpisah karena Mama boa cenderung untuk memakan anaknya sendiri.


Seperti pepatah yang mengatakan. "Tidak ada gading yang tak retak dan tidak ada gading yang tak marteen" hehehehe..


Sekian dulu ya untuk pembahasan kita kali ini dan yang mau lihat tentang yang unik lainnya bisa lihat  DISINI

Sampali jumpa lain kali yaaaa. Wassalam



Cpx24.com CPM Program

0 Komentar:

Post a Comment

Pemberitahuan :
Mohon maaf apabila komentar Sobat dari Facebook tidak bisa saya jawab semua, dikarenakan sulit untuk memoderasi komentar dari Facebook, bila sobat ada pertanyaan yang ingin lansung saya jawab, silakan Sobat berkomentar dari id Blogger.

** Jika anda terbantu dengan apa yang ada di blog ini jangan lupa untuk IZIN COPAS dan Ucapan Terimasih pada kotak komentar di bawah.**



close
Chat