Bagaimana Wudhu Seorang Wanita Yang Kukunya Dikutek

Sunday, March 16, 2014

print this page
send email
Pada sholat Jum’at kali ini saya mendapat buletin mimbar Jum’at yang isinya ada pertanyaan tentang bagaimana wudhu seorang wanita yang pada kukunya diolesi kutek (cat kuku), apakah sah wudhunya? Nah, saya pikir ada baiknya saya bagikan jawaban dari pertanyaan tersebut agar kita semua mengetahuinya.

Berwudhu yaitu membasuh dan mengusap bagian-bagian dari anggota tubuh yang harus dibasuh pada saat berwudhu. Bahkan, agar semua anggota tubuh terkena air, saat membasuh tangan dan kaki kita dianjurkan untuk membasuh sela-sela antara jari.

Artinya kalau ada air yang tidak mengenai sebagian anggota tubuh yang wajib dibasuh saat wudhu maka wudhunya tidak sah. Demikian pula dengan mandi hadats. Maka dari itu, kalau ada bagian tubuh yang terkena cat, kita harus menghilangkannya terlebih dahulu sebelum berwudhu atau mandi hadats.


Mengenai kutek atau cat kuku, maka harus dilihat terlebih dahulu apakah cat kuku itu dapat menghalangi air wudhu untuk menyentuh permukaan kuku atau tidak. Jika cat kuku itu menghalangi air menyentuh permukaan kuku, maka sebelum berwudhu cat kuku tersebut harus dihilangkan terlebih dahulu. Adapun jika tidak menghalangi air seperti inai atau pacar maka tidak mengapa (boleh langsung berwudhu).


Demikian sedikit penjelasan seputar "Wudhu Seorang Wanita Yang Kukunya Dikutek" yang bisa saya himpun dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Wassalam.

Kumpulan Artikel Terkait yang lainnya lihat   DISINI

Sumber : H.M.Rahmatullah,Lc.,MA



Cpx24.com CPM Program

0 Komentar:

Post a Comment

Pemberitahuan :
Mohon maaf apabila komentar Sobat dari Facebook tidak bisa saya jawab semua, dikarenakan sulit untuk memoderasi komentar dari Facebook, bila sobat ada pertanyaan yang ingin lansung saya jawab, silakan Sobat berkomentar dari id Blogger.

** Jika anda terbantu dengan apa yang ada di blog ini jangan lupa untuk IZIN COPAS dan Ucapan Terimasih pada kotak komentar di bawah.**



close
Chat