Tips Sehat Dalam Mengkonsumsi Mie Instan

Monday, October 21, 2013

print this page
send email
Setelah tadi kita bagas "Bahaya Mie Instan Bagi Kesehatan" berikut kita bahas lagi ni, Bagaimana Cara Mengkonsumsi Mie Instan Dengan Sehat Dan Baik.. Langsung saja deh bray, gak usah banyak ini itunya lagi...

Tips Sehat Dalam Mengkonsumsi Mie Instan - Mie Instan Memiliki beberapa kandungan berbahaya, antara lain pengawet dan bahan pewarna yang tidak terurai di dalam tubuh manusia, dan cenderung tidak dapat dicerna dan dikeluarkan dari dalam tubuh seseorang. Sehingga, apabila bahan-bahan kimia tersebut terlalu sering dikonsumsi, akan menjadi endapan kimia di dalam tubuh dan bersifat karsinogenik atau merusak.


Tips Sehat Dalam Mengkonsumsi Mie Instan

“Di dalam prinsip mengenai makanan seimbang, zat makanan yang dikonsumsi harus beraneka jenis, mengandung kandungan gizi tinggi. Bukan saja mengandung karbohidrat, tetapi juga mengandung lemak, vitamin, dan protein. Buka sekedar kenyang semata,” ujar Andi Imam Arundhana, ahli gizi dari Universitas Hasanuddin.

“Manusia membutuhkan sekitar 15-25% dari kebutuhan zat gizinya. Sementara mie instan hanya mampu memenuhi sekitar 16%  kebutuhan karbohidrat tubuh dan lemak (kebutuhan 2.000 kkal). Sedangkan bahan pengawet yang dikandung oleh mie instan kendati bisa hilang dari tubuh manusia melalui system sekresi minimal memerlukan waktu 4 hari lamanya, kalaupun terpaksa harus memakan mie instan, waktu paling banyak 4-5 hari sekali, jangan kurang dari itu. Misal, jika hari ini Anda telah memakan mie instan, 4-5 hari kemudian baru boleh dikonsumsi lagi,” tambah Andi. Nah hayo… siapa yang sering mengkonsumsi mie instan?

Boleh-boleh saja mengkonsumsi mie instan, tetapi jangan terlalu sering. Akan lebih baik lagi jika Sobat mengetahui dan mempraktekan cara sehat dalam mengkonsumsi mie instan.


Berikut cara sehat mengkonsumsi mie instan:

1. Perhatikan cara memasaknya, selain Sobat menambah bahan-bahan lain seperti telor, sayuran ketika mengonsumsi mie instan, untuk menambah nilai gizi dan kesehatan.  Disarankan juga untuk membuang air rebusan mie yang  pertama, ini dilakukan untuk membuang pengawet yang menempel pada mie. Barulah kemudian Sobat ganti dengan air mendidih yang lain, ini jika Sobat ingin membuat mie rebus.

2. Tidak menggunakan bumbu bawaan dari mie. Sobat dapat mengolah bumbu mie sendiri seperti saat memasak. Jika kurang cocok, paling tidak mengurangi penggunaan bumbu mie instan untuk meminimalisasi masuknya pengawet ke dalam tubuh kita. Jika sudah terasa cukup, buang saja bumbu bawaan yang tersisa. Bila ingin lebih asin, tambahkan saja garam dapur beryodium.

3. Sebaiknya mi instan ditambahkan sayuran dan protein hewani seperti telur, ayam, udang, dan lainya. Hal ini untuk meningkatkan kandungan gizi, dikarenakan sebagaimana yang telah Kita bahas bahwa mie instan memiliki kandungan gizi yang minim.

4. Yang tak kalah pentingnya ialah perhatikan tanggal kadaluwarsa, komposisi, logo halal, pastikan juga kemasan tidak robek atau cacat saat membelinya. Dikarenakan berbagai macam serangga dapat mengontaminasi mie instan jika kemasannya robek/cacat.


Itulah sedikit penambah pengetahuan kita semua, semoga bermanfaat dan jangan lupa sesekali mampir lagi buat lihat - lihat Tips Badry Selanjutnya... Wassalam




Cpx24.com CPM Program

0 Komentar:

Post a Comment

Pemberitahuan :
Mohon maaf apabila komentar Sobat dari Facebook tidak bisa saya jawab semua, dikarenakan sulit untuk memoderasi komentar dari Facebook, bila sobat ada pertanyaan yang ingin lansung saya jawab, silakan Sobat berkomentar dari id Blogger.

** Jika anda terbantu dengan apa yang ada di blog ini jangan lupa untuk IZIN COPAS dan Ucapan Terimasih pada kotak komentar di bawah.**



close
Chat