MAKALAH GASTROENTERITIES

Saturday, April 12, 2014

print this page
send email

BAB I
PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Penyakit diare atau gastroenteritis merupakan suatu penyakit penting disekitar masyarakat yang masih merupakan sebab utama kesakitan dan kematian seseorang terutama pada anak.Hal ini tercemin banyak orang yang menderita penyakit diare atau gastroenteritis yang masuk keluar dari Rumah Sakit.Akibat dari penyakit diare banyak faktor diantaranya kesehatan lingkungan, higene perorangan, keadaan gizi, faktor sosial ekonomi, menentukan serangan penyakit diare, walaupun banyak kasus diare yang mengalami dehidrasi namun banyak yang meninggal bila tidak dilakukan tindakan-tindakan yang tepat.

Masyarakat pada umumnya selalu menganggap suatu hal penyakit diare adalah sepele, sedangkan jika mengetahui yang terjadi sebenarnya banyak penderita diare yang mengalami kematian. Penyakit gastrointeritis merupakan penyakit yang harus sege ra ditangani karena dapat mengalami dehidrasi berat yang mengakibatkan syok hipovolemik dan mengalami kematian.

Masalah pada penyakit gastrointeritis atau diare yang dapat mengakibatkan kematian berupa komplikasi lain dan masalah lain yang berkaitan dengan diare belum sepenuhnya ditanggulangi secara memadai, namun berbagai peran untuk mencegah kematian yang berupa komplikasi dan masalah lain seperti pelayanan kesehatan yang baik dan terpenuhi, dalam mencegah penyakit diare dengan memberikan pendidikan kesehatan kepada semua warga masyarakat tentang penyakit gastroenteriritis serta peran keluarga dan warga sekitarnya sangat mendorong turunnya terjadinya penyakit gastroenteritis karena dari keluargalah pola hidup seseorang terbentuk. Dengan pola hidup yang sehat dan bersih dapat mencegah terjadinya penyakit gastrointeritis.

Maka dari itu muncul gagasan untuk mengurangi agar tidak muncul penderita gastroenteritis dengan memberikan pendidikan kesehatan kepada masyarakat luas dan dari latar belakang tersebut penyusun mengambil kasus tersebut sebagai penyusunan makalah keperawatan medikal bedah dengan judul gastroenteritis.


B. RUMUSAN MASALAH
  • Bagaimana memperdalam kajian tentang gastroenteritis ?
  • Bagaimana cara merumuskan asuhan keperawatan pada pasien gastroenteritis ?

C. TUJUAN
  • Untuk memperdalam kajian tentang gastroenteritis.
  • Menambah informasi kepada para pembaca tentang gastroenteritis.
  • Merumuskan asuhan keperawatan pada pasien gastroenteritis.

D. MANFAAT
Manfaat penulisan ini antara lain :
  • Dapat menjelaskan bagaimana asuhan keperawatan dengan gangguan pencernaan dengan masalah gastroenteritis.
  • Pembaca dan khususnya penderita gastroenteritis dapat mengerti apa dan bagaimana gastroenteritis.
  • Pembaca dapat lebih mengatahui bagaimana cara mencegah dan menangani gangguan pencernaan: gastroenteritis sehingga pembaca dapat menerapkannya.
  • Penulis ingin pembaca luas lebih mengetahui tentang gangguan pencernaan: gastroenteritis.
  • Penulis lebih mengetahui dan memahami bagaimana asuhan keperawatan pada gangguan pencernaan: gastroenteritis.

BAB II
TINJAUAN TEORI

A. PENGERTIAN
Gastroenteritis atau diare akut adalah kekerapan dan keenceran BAB dimana frekuensinya lebih dari 3 kali perhari dan banyaknya lebih dari 200 – 250 gram (Syaiful Noer, 1996 ). Istilah gastroenteritis digunakan secara luas untuk menguraikan pasien yang mengalami perkembangan diare dan/ atau munmtah akut. Istilah ini menjadi acuan bahwa terjadi proses inflamasi dalam lambung dan usus.

Diare adalah buang air besar (defekasi) dengan jumlah tinja yang lebih banyak dari biasanya (normal 100 – 200 ml per jam tinja), dengan tinja berbentuk cairan atau setengah cair (setengah padat) dapat pula disertai frekuensi yang meningkat (Arif Mansjoer, 1999 : 501).

Gastroenteritis (diare akut) adalah inflamasi lambung dan usus yang disebabkan oleh berbagai bakteri , virus, dan pathogen parasitic. Diare adalah defekasi yang tidak normal baik frekuensi maupun konsistensinya, frekuensi diare lebih dari 4 kali sehari.


B. ANATOMI FISIOLOGI
Saluran gastrointestinal yang berjalan dari mulut melalui esofagus, lambung dan usus sampai anus. Esofagus terletak di mediastinum rongga torakal, anterior terhadap tulang punggung dan posterior terhadap trakea dan jantung. Selang yang dapat mengempis ini, yang panjangnya kira-kira 25 cm (10 inchi) menjadi distensi bila makanan melewatinya.

Bagian sisa dari saluran gastrointestinal terletak di dalam rongga peritoneal. Lambung ditempatkan dibagian atas abdomen sebelah kiri dari garis tengah tubuh, tepat di bawah diafragma kiri. Lambung adalah suatu kantung yang dapat berdistensi dengan kapasitas kira-kira ± 1500 ml. Lambung dapat dibagi ke dalam empat bagian anatomis, kardia, fundus, korpus dan pilorus.

Usus halus adalah segmen paling panjang dari saluran gastrointestinal, yang jumlah panjangnya kira-kira dua pertiga dari panjang total saluran. Untuk sekresi dan absorbsi, usus halus dibagi dalam 3 bagian yaitu bagian atas disebut duodenum, bagian tengah disebut yeyunum, bagian bawah disebut ileum. Pertemuan antara usus halus dan usus besar terletak dibagian bawah kanan duodenum. Ini disebut sekum pada pertemuan ini yaitu katup ileosekal. Yang berfungsi untuk mengontrol isi usus ke dalam usus besar, dan mencegah refluks bakteri ke dalam usus halus. Pada tempat ini terdapat apendiks veriformis. Usus besar terdiri dari segmen asenden pada sisi kanan abdomen, segmen transversum yang memanjang dari abdomen atas kanan ke kiri dan segmen desenden pada sisi kiri abdomen. Yang mana fungsinya mengabsorbsi air dan elektrolit yang sudah hampir lengkap pada kolon. Bagian ujung dari usus besar terdiri dua bagian. Kolon sigmoid dan rektum kolon sigmoid berfungsi menampung massa faeces yang sudah dehidrasi sampai defekasi berlangsung. Kolon mengabsorbsi sekitar 600 ml air perhari sedangkan usus halus mengabsorbsi sekitar 8000 ml kapasitas absorbsi usus besar adalah 2000 ml perhari. Bila jumlah ini dilampaui, misalnya adalah karena adanya kiriman yang berlebihan dari ileum maka akan terjadi diare.

Rektum berlanjut pada anus, jalan keluar anal diatur oleh jaringan otot lurik yang membentuk baik sfingter internal dan eksternal.


C. ETIOLOGI
Faktor infeksi :
  1. Infeksi internal, yaitu saluran pencernaan yang merupakan penyebab utama diare. Pada sat ini telah dapat diidentifikasi tidak kurang dari 25 jenis mikroorganisme yang dapat menyebabkan diare pada anak dan bayi. Penyebab itu dapat digolongkan lagi kedalam penyakit yang ditimbulkan adanya virus, bakteri, dan parasit usus. Penyebab utama oleh virus yang terutama ialah rotavirus (40-60%) sedangkan virus lainnya ialah virus Norwalk, astrovirus, calcivirus, coronavirus, minirotavirus dan virus bulat kecil. Bakteri-bakteri yang dapat menyebabkan penyakit itu adalah aeromonashidrophilia, bacillus cereus, campylobacter jejuni, clostridium defficile, clostridium perfringens, E, coli, plesiomonas, shigelloides, salmonella spp, staphylococcus aureus, vibrio cholerae, dan yersinia enterocolitica. Sedangkan penyebab gastroenteritis (diare akut) oleh parasit adalah balantidium coli, capillaria philippinensis, cryptosporidium, entamoeba histolitica, giarsia lamblia, isospora billi, fasiolapsis buski, sarcocystis suihominis, strongiloides stercoralis, dan trichuris trichuria.
  2. Bakteri penyebab gastroenteritis (diare akut) dibagi dalam dua golongan besar, ialah bvakteri non invasive dan bakteri invasive. Yang termauk dalam golongan bakteri non invasive adalah : vibrio cholera, E. coli pathogen (EPEC,ETEC,EIEC). Sedangkan golongan bakteri invasiv adalah salmonella spp, shigella spp, E. coli infasif (EIEC), E. coli hemorrhagic (EHEC) dan camphylobcter. Diare karena bakteri invasive dan non ihnvasiv terjadi melalui suatu mekanisme yang berhubungan dengan pengaturan transport ion di dalam sel-sel usus berikut ini : cAMP (cyclic adenosine monophospate), cGMP (cyclic guaniosin monophospate), Ca-dependent dan pengaturan ulang sitoskeleton.
  3. Infeksi parenteral, yaitu infeksi di bagian tubuh lain di luar alat pencernaan seperti : otitis media akut tonsilopharingitis, dan sebagainya.

D. INSIDEN
Data departemen kesehatan RI, menyebutkan bahwa angka kesakitan diare diindonesia saat ini adalah 230-330 per 1000 pendududk intuk semua golongan umur dan 1,6 – 2,2 episode diare setiap tahunnya untuk golongan umur balita. Angka kematian diare golongan umur balita adalah sekitar 4 per 1000 balita. Di laboratorium kesehatan anak RSUD Dr. soetomo pada tahun 1996 didapatkan 871 penderita diare yang dirawat dengan dehidrasi ringan 5%, dehidrasi sedang 7,1%, dan dehidrasi berat 23 %.tahun 2000 terdapat 1160 penderita diare yang dirawat dengan 227 (19,56 %) penderita yang meninggal karena dehidrasi.


E. KOMPLIKASI
  1. Dehidrasi
  2. Renjatan hipovolemik
  3. Kejang
  4. Bakterimia
  5. Mal nutrisi
  6. Hipoglikemia
  7. Intoleransi sekunder akibat kerusakan mukosa usus.

F. PATOGENESIS
Diare akut akibat infeksi( gastro enteritis) terutama dilakukan secara fekal oral. Hal ini disebabkan masukan minuman atau makanan yang terkontaminasi tinja ditambah dengan ekskresi yang buruk, makanan yang tidak matang, bahkan yang disajikan tanpa dimasak penularannya transmisi orang ke orang melalui aerosolisasi (Norwalk, rotavirus), tangan yang terkontaminasi (clostridium difficille), atau melalui aktivitas seksual. Faktor penentu terjadinya diare akut adalah faktor penyebab (agent) dan faktor penjamu (host). Faktor penjamu adalah kemampuan pertahanan tubuh terhadap mikroorganisme, yaitu faktor daya tahan tubuh atau lingkungan lumen saluran cerna, seperti keasaman lambung, motilitas lambung, imunitas juga mencakup lingkungan mikroflora usus. Faktor penyebab yang mempengaruhi patogenesis antara lain daya penetrasi, yang merusak sel mukosa, kemampuan memproduksi toksin yang mempengaruhi sekresi cairan di usus serta daya lekat kuman. Kuman tersebut membentuk koloni-koloni yang dapat menginduksi diare patogenesis diare disebabkan infeksi bakteri terbagi dua yaitu :

1. Bakteri noninvasif (enterotoksigenik)
Bakteri masuk kedalam makanan atau minuman yang tercemar oleh bakteri tersebut. Bakteri kemudian tertelan dan masuk kedalam lambung, didalam lambung bakteri akan dibunuh oleh asam lambung, namun bila jumlah bakteri terlalu banyak maka akan ada yang lolos kedalam usus 12 jari (duodenum). Di dalam duodenum bakteri akan berkembang biak sehingga jumlahnya mencapai 100 juta koloni atau lebih per ml cairan usus. Denan memproduksi enzim muicinase bakteri berhasil mencairkan lapisan lendir yang menutupi permukaan sel epitel usus sehingga bakteri dapat masuk ke dalam membrane (dinding sel epitel).

Di dalam membrane bakteri mengeluarkan toksin yang disebut sub unit A dan sub unit B. sub unit B melekat di dalam membrane dari sub unit A dan akan bersentuhan dengan membrane sel serta mengeluarkan cAMP (cyclic Adenosin Monophospate). cAMP berkhasiat merangsang sekresi cairan usus di bagian kripta vili dan menghambat absorbsi cairan di bagian kripta vili, tanpa menimbulkan kerusakan sel epitel tersebut. Sebagai akibat adanya rangsangan sekresi cairan dan hambatan absorbsi cairan tersebut, volume cairan didalam lumen usus akan bertambah banyak. Cairan ini akan menyebabkan dinding usus menggelembung dan tegang dan sebagai reaksi dinding usus akan megadakan kontraksi sehingga terjadi hipermotilitas atau hiperperistaltik untuk mengalirkan cairan ke baeah atau ke usus besar.

Dalam keadaan normal usus besar akan meningkatkan kemampuannya untuk menyerap cairan yang bertambah banyak, tetapi tentu saja ada batasannya. Bila jumlah cairan meningkat sampai dengan 4500 ml (4,5 liter), masih belum terjadi diare, tetapi bila jumlah tersebut melampaui kapasitasnya menyerap, maka akan terjadi diare.

2. Bakteri enteroinvasif
Diare menyebabkan kerusakan dinding usus berupa nekrosis dan ulserasi, dan bersifat sekretorik eksudatif. Cairan diare dapat bercampur lendir dan darah. Bakteri yang termasuk dalam golongan ini adalah Enteroinvasif E. Coli (EIEC), S. Paratyphi B, S. Typhimurium, S. Enteriditis, S. Choleraesuis, Shigela, Yersinia dan Perfringens tipe C.

Penyebab diare lainnya, seperti parasit menyebabkan kerusakan berupa usus besar (E. Histolytica) kerusakan vili yang penting menyerap air, elektrolit dan zat makanan (lamdia) patofisologi kandida menyebabkan gastroenteritis belum jelas, mungkin karena superinfeksi dengan jasad renik lain.

Mekanisme yang dilakukan virus masih belum jelas kemungkinan dengan merusak sel epitel mukosa walaupun hanya superfisial, sehingga mengganggu absorpsi air, dan elektrolit. Sebaliknya sel-sel kripti akan berpoliferasi dan menyebabkan bertambahnya sekresi cairan ke dalam lumen usus. Selain itu terjadi pula kerusakan enzim-enzim disakarida yang menyebabkan intoleransi yang akhirnya memperlama diare.


G. GEJALA KLINIK
Pasien dengan diare akibat infeksi sering mengalami nausea, muntah, nyeri perut sampai kejang perut, demam dan diare terjadi renjatan hipovolemik harus dihindari kekurangan cairan menyebabkan pasien akan merasa haus, lidah kering, tulang pipi menonjol, turgor kulit menurun, serta suara menjadi serak, gangguan biokimiawi seperti asidosis metabolik akan menyebabkan frekuensi pernafasan lebih cepat dan dalam (pernafasan kusmaul). Bila terjadi renjatan hipovolemik berat maka denyut nadi cepat (lebih dari 120 kali/menit) tekanan darah menurun tak terukur, pasien gelisah, muka pucat, ujung ekstremitas dingin dan kadang sianosis, kekurangan kalium dapat menimbulkan aritmia jantung. Perfusi ginjal dapat menurun sehingga timbul anuria, sehingga bila kekurangan cairan tak segera diatasi dapat timbul penulit berupa nekrosis tubular akut.

Secara klinis dianggap diare karena infeksi akut dibagi menjadi dua golongan pertama, kolerifrom, dengan diare yang terutama terdiri atas cairan saja. Kedua disentriform, pada saat diare didapatkan lendir kental dan kadang-kadang darah.


H. PENGOBATAN DAN PENCEGAHAN GASTROENTERITIES
Umumnya, gastroenteritis virus didiagnosa oleh dokter berdasarkan gejala dan pemeriksaan medis pasien. Rotavirus infeksi dapat didiagnosis dengan menggunakan :

1. Tes laboratorium dari spesimen tinja.
Tes untuk mendeteksi virus lain yang menyebabkan gastroenteritis tidak digunakan rutin, namun unit Gastroenteritis virus pada CDC dapat membantu dengan analisa khusus berdasarkan kebutuhan kesehatan masyarakat.

Yang paling penting dari memperlakukan Gastroenteritis virus pada anak-anak dan orang dewasa adalah untuk mencegah kehilangan berat cairan (dehidrasi). Perawatan ini harus dimulai di rumah. Dokter Anda mungkin memberikan petunjuk spesifik tentang apa jenis cairan untuk memberi. CDC merekomendasikan bahwa keluarga dengan bayi dan anak-anak menjaga pasokan larutan rehidrasi oral (ORS) di rumah setiap saat dan menggunakan solusi ketika diare pertama terjadi pada anak. Oralit tersedia di apotek tanpa resep. Ikuti petunjuk tertulis di paket oralit, dan penggunaan air bersih atau direbus. Obat-obatan, termasuk antibiotik (yang tidak berpengaruh pada virus) dan perawatan lainnya, harus dihindari kecuali secara khusus direkomendasikan oleh dokter.

Orang dapat mengurangi kesempatan mereka terinfeksi oleh :
  1. Sering cuci tangan, 
  2. Desinfeksi segera permukaan terkontaminasi dengan pembersih pemutih klorin berbasis rumah tangga, dan
  3. Segera mencuci pakaian kotor artikel.
Jika makanan atau air yang dianggap terkontaminasi, itu harus dihindari.
Gastroenteritis Rotavirus juga dapat dicegah dengan vaksin.

Saat ini ada dua vaksin rotavirus tersedia lisensi yang melindungi terhadap diare berat dari infeksi rotavirus pada bayi dan anak-anak muda. Vaksin ini diberikan kepada anak-anak di tahun pertama mereka hidup dengan vaksin anak lainnya.


I. PENATALAKSANAAN
Ketiga dasar pengobatan tersebut dijelaskan sebagai berikut :

1. Pemberian cairan pada pasien diare dengan memperhatikan derajat dehidrasinya dan keadaan umum.
Jenis cairan
Cairan peroral :
Pada pasien dengan dehidrasi ringan dan sedang atau tanpa dehidrasi dan bila anak mau minum serta kesadaran baik diberikan peroral berupa cairan yang berisi NaCl dan NaHCO3, KCI dan glukosa. Formula lengkap sering disebut juga oralit. Cairan sederhana yang dapat dibuat sendiri (formula tidak lengkap)hanya mengandung garam dan gula (NaCl dan sukrosa), atau air tajin yang diberi garam dan gula untuk pengobatan sementara sebelum di bawah berobat ke rumah sakit pelayanan kesehatan untuk mencegah dehidrasi lebih jauh.

Cairan parenteral :
1. Belum ada dehidrasi
Peroral sebanyak anak mau minum atau 1 gelas tiap defekasi.

2. Dehidrasi ringan
1 jam pertama : 25 – 50 ml/kg BB per oral (intragastrik). Selanjutnya : 125 ml/kg BB /hari.

3. Dehidrasi sedang
1 jam pertama : 50 – 100 ml/kg BB peroral /intragastrik (sonde). Selanjutnya ; 125 ml/kg BB/hari.

4. Dehidrasi berat
  • Untuk anak umur 1 bulan – 2 tahun, berat badan 3 – 10 kg. :
  1. 1 jam pertama : 40 ml/kg BB / jam = 10 tetes / kg BB /menit (set infus berukuran 1 ml = 15 tetes) atau 13 tetes / kg BB /menit (set infus 1 ml : 20 tetes). 
  2. 7 jam berikutnya : 12 ml /kg BB/jam = 33 tetes / kg BB/ m atau 4 tetes / kg BB/menit. 
  3. 16 jam berikutnya : 125 ml/kg BB oralit peroral atau intragastrik. Bila anak tidak mau minum, teruskan dengan intravena 2 tetes/.kg BB/menit atau 3 tetes/kgBB/menit.
  • Untuk anak lebih dari 25 tahun dengan BB 10 – 15 kg :
  1. 1 jam pertama : 30 ml /kg BB/jam = 8 tetes/kgBB/menit. atau 10 tetes/kgBB/menit.
  2. 7 jam berikutnya : 10 ml /kg BB /jam = 3 tetes/kgBB/ menit. atau 4 tetes/kgBB/menit.
  3. 16 jam berikutnya : 125 ml /kg BB oralit peroral atau intragastrik. Bila anak tidak mau minum dapat diteruskan dengan DG aa intravena 2 tetes/kgBB/m, atau 3 tetes/ kgBB/m.
  • Untuk bayi baru lahir (neonatus) dengan BB 2 – 3 kg.
  1. Kebutuhan cairan : 125 ml + 100 ml + 25 ml = 250 ml /kg bb /24 jam. Jenis cairan 4 : 1 (4 bagian glukosa 5 % + 1 bagian NaHCO¬3¬ 1 %) dengan kecepatan 4 jam pertama = 25 ml / kg BB /jam atau 6 tetes/kgBB/menit., 8 tetes/kgBB/ menit. 
  2. 20 jam berikutnya 150 ml /kg BB /20 jam = 2 tetes/kgBB/ menit. atau 2 ½ tetes/kgBB/menit.
2. Pengobatan dietetik
Untuk anak dibawah 1 tahun dan anak di atas 1 tahun dengan BB kurang dari 7 kg jenis makanan :
  • Susu (ASI dan atau susu formula yang mengandung laktosa rendah dan asam lemak tak jenuh).
  • Makanan setengah padat (bubur) atau makanan padat (nasi tim).
  • Susu khusus yang disesuaikan dengan kelainan yang ditemukan.
Cara memberikannya :
  • Hari pertama : setelah dehidrasi segera diberikan makanan peroral. Bila diberi ASI/susu formula tapi masih diare diberikan oralit selang-seling.
  • Hari kedua – keempat : ASI /susu formula rendah laktosa penuh.
  • Hari kelima : bila tidak ada kelainan pasien dipulangkan. Kembali susu atau makanan biasa.
3. Obat-obatan
  • Obat anti sekresi : dosis 25 mg /tahun dengan dosis minimum 30 mg. Klorpromazin dosis 0,5 – 1 mg /kg bb /hari.
  • Obat spasmolitik.
  • Antibiotik (Ngastiyah, 1997).

J. PRINSIP PENGOBATAN DAN MANAGEMEN PERAWATAN.
1. Pengobatan tergantung pada derajat dehidrasi.
Dehidrasi ringan ada kemungkinan lebih disukai untuk merawat anak di rumah, asal diberikan perawatan medis tang efesien.
  • Dihentikannya pemberian susu yang diganti dengan campuran glucose elektrolit (dioralite).
  • Cairan harus diberikan setiap 2 jam pada siang hari dan setiap 4 jam selama malam hari, dilanjutkan selama 24 jam.
  • Setelah 24 jam pemberian susu dimulai kembali, jika diberikan jumlah kecil (15 ml susu krim separuh) setiap 4 jam dengan salin antara waktu makan.
  • Dengan ditingkatkannya pemberian susu, jumlah campuran glucose elektrolit diturunkan secara berimbang.
  • Sucrose hanya ditambahkan jika feces mulai berbentuk
Dehidrasi ringan. Pada kasus ini, gambaran klinik ditegakkan secara baik danbayi mulai dirawat :
  • Dihentikannya pemberian susu.
  • Penggantian deficit cairan danelektrolit serta koreksi gangguan asam basa. Ini didasarkan pada penilaian klinis, atau pada rekaman kehi,angan berat badanterakhir. Pergantian dapat dilakukan baik peroral atau intravena dan akan tergantung pada kehilangan air dan elektrolit melalui diare.
  • Perawatan bayi dengan terapi intra vena
  • Pemeriksaan biokimia dan obsevasi klinis untuk menentukan status elektrolit
  • Dimulainya pemberian cairan peroral secara perlahan – lahan untuk kmenentukan kemampuan menerima cairan.
  • Dimulainya pemberian susu secara berangsur-angsur seperti yangdiuraikanuntuk dehidrasi ringan.
  • Penimbangan berat badan harian dan pengumpilan urin harian.
Dehidrasi parah. Bayi dalamkedaan sakit parah dengan kegagalan sirkulasi :
  • Infuse intravena dengan larutan yang sesuai dan masukan cairan dengan peningkatan yang seksama.
  • Infuse plasma untukmenggantikan penurunan volume plasma
  • Koreksi asidosis merabolik dengan pemberian secara intravena 8,4 % natrium bikarbonat dengan penilaian kembali status asam basa.
  • Jika suatu elektrolit dan cairan telah dikoreksi, secara berangsur-angsur susu diberikan kembali seperti yang diuraikan untuk dehidrasi ringan.
  • Selama fase akut, bayi dirawat dalam incubator. Diberikan oksigen dan bayi diobservasi secara seksama, karena penurunan kadar kalium serum menimbulkan perubahan aktivitas jantung, dan peningkatan kadar kalium secara cepat membawa resiko henti jantung.
2. Perawatan rutin
  • Pemberian obat-obatan, terutama antibiotika untuk mengatasu kuman infeksi . jika muntah parah, obat-obatan yang sesuai, seperti kloramfenikol atau streptomisin, dapat diberikan secara parenteral.
  • Isolasi bayi dan pengertian akan proses infeksi silang serta pencegahannya.
  • Perawatan bokong anak. Feces yang encer akan menyebabkan kemerahan dan ekskoriasi kulit. Bayi tidak boleh ditinggal berbaring dengan popok yang basah dan kotor. Area popok dibasuh secara lebih dan diberikan krim pelindung. Meninggalkan bokong dalam kedaan terpapar merupakan cara yang terbaik untuk mendorong terjadinya penyembuhan.
  • Inspeksi dan perawatan mulit bayi.
  • Dukungan bagi orang tua. Jika terdapat bukti tidak adanya pengertian dalam hal perawatan anak,ibu harusdidorong untuk tinggal bersama anak. Perawatan dapat diawasi dan diberikan bantuan. Walaupun demikian, harus diingat bahwa banyak bayi yangmenderita gastroenteritis kendatipun perawatan bayi yang bhaik, dan orang tua tidak boleh disalahkan karena keadaan ini.
  • Persiapan pulang ke rumah. Segera setelah petunjuk pemberian makanan mencapai tingkat sesuai umur dan kebutuhan anak, dan jika terjadi pertambahan berat badan anak yang memuaskan dan tidak terdapat muntah atau feces yang encer, maka anak dizinkan pulang. Orang tua diminta untuk datang ke unit rawat jalan untuk mengubungi dokter umum untuk menilai kemajuan bayi

BAB III
TINJAUN KASUS

A. PENGUMPULAN DATA

IDENTITAS PASIEN
Nama Pasien Sodak
Umur 70 Tahun
Suku / Bangsa Jawa
Pendidikan Islam
Pekerjaan Karyawan Kebun Baru

AMNESIA (DATA SUBJEKTIF)
Pada Tanggal 28 Juni Jam 13.30 Wib
Alasan Kunjungan Mau berobat dan melakukan pemeriksaan
Keluhan Utama Muntah < 10 x, mencret 3 x sejak pagi. Badan lemas, pusing, sakit  perut, kepala  pening.
                                                 
Riwayat Penyakit Dahulu Pasien pernah menderita oenyakit hipertensi dan penyakit hernorrhopie dex pada tahun 2003
RIWAYAT KESEHATAN KELUARGA
DM Tidak Ada
Hepatitis Tidak Ada
Asma Tidak Ada
RIWAYAT POLA KEBIASAAN SEBELUM MASUK RUMAH SAKIT
Nutrisi Kurang mencukupi
Eliminasi -
Pola Minum Cukup
Pola Istirahat Tidak cukup waktu istirahat
Pola Aktivitas Tidak baik karena aktivitas yang banyak
KEBIASAAN SESUDAH MASUK RUMAH SAKIT
Nutrisi Sudah agak  mencukupi
Eliminasi -
Pola Minum Cukup
Pola Istirahat Cukup karena saran dokter
Pola Aktivitas Sudah kurang
RIWAYAT PERILAKU KESEHATAN
Pengguna akhohol Tidak ada
Merokok Ada
RIWAYAT PSIKOSOSIAL
Hubungan dengan keluarga Baik
Apakah ada keluarga lain tinggal di rumah Tidak ada
LATAR BELAKANG SOCIAL BUDAYA
Kebiasaan social dalam keluarga Baik
Kebiasaan berobat Baik
RIWAYAT KESEHATAN SEKARANG
Pasien sedang mengalami GE sejak beberapa hari yang lalu dan sekarang sedang di rawat di RSCM Langsa

PEMERIKSAAN FISIK (DATA OBJEKTIF)
K/U
Sadar dan lemas
Tanda vital
TD 120/80 mmHg
Pois 78 x/menit
RR 22 x/menit
Temp 37.2 o C
Inspeksi
Mata skiera Pucat
Kunjungtiva Pucat
Muka Pucat
Perut Sakit
Palpasi
Abdomen Sakit bila ditekan
Auskultasi
Keadaan jantung Normal
Keadan paru – paru Normal

INTERPRETASI DATA
Dasar
Ds Pasien mencret dna mengalami mual muntah sejak sebelum dibawa ke rumah sakit dna sesudah di bawa kerumah sakit masih mual dan pusing
Do Memeriksa keadaan pasien, mengukur vital sign dan memberi oksigen karena pasien sesak
ANTISIPASI DATA DAN MASALAH POTENSIAL
Dasar
Ds Nyeri perut dan merasa mules dan pusing, mata gelap
Do Darah naik turun dan nod pun naik turun
Antisipasi
Pasien harus banyak istirahat agar tidak terjadi komplikasi yang tidak  diinginkan, missal jika pasien mencret yang berlebihan akan mengakibatkan  komplikasi dehidrasi karena kekurangan cairan, maka harus segera di beri terapi yang baik.
                                     
Masalah potensial
Lemas dan masih merasa mual muntah dan pusing, sakit kepala
Kebutuhan
Pasien memerlukan cairan infuse dan obat-obatan sesuai dengan intruksi dokter agar pasien tidak lemas lagi karena kekurangan cairan dan pasien harus banyak minum air putih.

TINDAKAN SEGERA ATAU KOLABORASI
  • Memasang oksigen
  • Memasang infuse
  • Pemberian obat-obatan
  • Berkolaborasi dengan doctor umum.
RENCANA MANAJEMEN
  • Berikan konseling pada pasien untuk bedres total
  • Berikan terapi sesuai dengan intruksi dokter
  • Jelaskan kondisi pasien saat ini
  • Kolaborasi dengan dokter umum
  • Anjurkan pasien untuk bedres total
IMPLEMENTASI / PELAKSANAAN
  • Memberikan konseling pada pasien untuk bedres total
  • Memberikan terapi sesuai intruksi dokter
  • Menjelaskan kondisi pasien saat ini
  • Melakukan kolaborasi dengan dokter umum
EVALUASI
  • Pasien susah menjalaknkan perawatan
  • Pasien sudah istirahat
  • Pasien sudah agak membaik
  • Pasien sudah minum obat yang teratur

BAB IV
PENUTUP

A. KESIMPULAN
Gastroenteritis atau diare akut adalah kekerapan dan keenceran BAB dimana frekuensinya lebih dari 3 kali perhari dan banyaknya lebih dari 200 – 250 gram

Etiologi terdiri dari 3 faktor infeksi :
  1. Infeksi internal
  2. Bakteri penyebab gastroenteritis (diare akut) dibagi dalam dua golongan besar, ialah bakteri non invasive dan bakteri invasive
  3. Infeksi parenteral
Gejala klinik pasien dengan diare akibat infeksi sering mengalami nausea, muntah, nyeri perut sampai kejang perut, torgor kulit menurun, demam dan diare terjadi renjatan hipovolemik.Tes diagnostik sangat diperlukan untuk pengkajian penyakit diare

Dasar pengobatan diare adalah :
  1. Pemberian cairan : jenis cairan, cara memberikan dan jumlah cairan.
  2. Dietetik.
  3. Obat-obatan
Pemberian asuhan keperawatan diperikan untuk penderita diare


B. SARAN
Saran dari para pembaca sebagai masukan sangat diperlukan untuk perbaikan bagi penulis, diharapkan penulis mampu membuat karya tulisanya lagi lebih baik dimasa yang akan datang.


DAFTAR PUSTAKA

Ahlquist David A, Camilleri M. Harrison’s Principles of Internal Medicine. 15th edition. Braunwald, Fauci, Kasper et all (Editor). 2001.
Hendarwanto. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Sarwono WP (Editor), Balai Penerbit UI, 2000.
Naskah lengkap penyakit dalam. Pertemuan Ilmiah Tahunan Ilmu Penyakit Dalam 2007.
http://badry7.blogspot.com/2014/04/makalah-gastroenterities.html
Powel Don W: Approach to the patient with diarrhea. Dalam buku: Text book of Gastroenterology, 4th edition. Yamada T (Editor). Limphicot Williams & Wiekeins Philadelphia. USA. 2003.
http://id.wikipedia.org/wiki/Gastroenteritis#Gejala


Demikian sedikit penjelasan seputar "Makalah Gastroenterities" yang bisa saya himpun dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda. Wassalam.

Kumpulan Makalah yang lainnya lihat   DISINI



Cpx24.com CPM Program

0 Komentar:

Post a Comment

Pemberitahuan :
Mohon maaf apabila komentar Sobat dari Facebook tidak bisa saya jawab semua, dikarenakan sulit untuk memoderasi komentar dari Facebook, bila sobat ada pertanyaan yang ingin lansung saya jawab, silakan Sobat berkomentar dari id Blogger.

** Jika anda terbantu dengan apa yang ada di blog ini jangan lupa untuk IZIN COPAS dan Ucapan Terimasih pada kotak komentar di bawah.**



close
Chat