Berwudhu Sebelum Tidur dan Manfaatnya Secara Medis

Saturday, March 15, 2014

print this page
send email
Sebagai seorang Muslim, telah menjadi keharusan bagi kita menjadikan Rasulullah sebagai suri teladan utama dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk pula mengikuti sunnah-sunnah, perbuatan, dan kebiasaan beliau. Bonusnya, banyak dari kebiasaan beliau yang ternyata memiliki segudang manfaat di bidang medis.

Salah satu kebiasaan yang sering beliau lakukan adalah berwudhu ketika menjelang tidur. Anda juga biasa melakukannya? Bagus. Karena ternyata kebiasaan ini memiliki beberapa khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Para pakar kesehatan di dunia sesunggunya senantiasa menganjurkan agar kita mencuci kaki dan muka sebelum tidur. Dr. Ahmad Syauqy Ibrahim, Anggota Ikatan Dokter Kerajaan Arab Saudi di London dan Penasihat Penderita Penyakit Dalam dan Penyakit Jantung mengatakan, “Para pakar sampai berkesimpulan bahwa mencelupkan anggota tubuh ke dalam air akan bisa mengembalikan tubuh yang lemah menjadi kuat, mengurangi kekejangan, syaraf-syaraf dan otot menjadi rileks, hilangnya kenaikan detak jantung dan nyeri-nyeri otot, kecemasan, hingga insomnia (susah tidur).”

Hal ini dikuatkan oleh salah seorang pakar dari Amerika dengan ucapannya, ”Air mengandung kekuatan magis, bahkan membasuhkan air ke wajah dan kedua tangan -yang dimaksud adalah aktivitas wudhu'- adalah cara yang paling efektif untuk relaksasi (menjadikan badan rileks) dan menghilangkan tensi tinggi (emosi).”

Percikan air wudhu akan membantu menenangkan otot-otot kita yang telah digunakan untuk aktivitas keseharian. Syaraf dan otot-otot yang telah kembali tenang akan membuat pikiran kembali segar. Bila telah demikian, maka ini dapat menghindarkan kita dari penyakit insomnia (susah tidur).

Kebanyakan dari penderita insomnia disebabkan karena mereka terlalu banyak menyimpan beban pikiran dan tidak segera merelaksasikannya, sehingga mengganggu ketenangan ketika hendak tidur. Kini, dengan pikiran yang segar setelah berwudhu, maka kita akan lebih mudah memejamkan mata untuk tidur.

Selain itu, berwudhu sebelum tidur juga bermanfaat untuk mencerahkan wajah, membersihkan kulit tubuh, bahkan sampai ke lubang telinga.

Sebabnya, manusia bila terlalu lama beraktivitas tanpa membasuh anggota badanya, maka kulit akan mengalami berbagai peradangan yang menyerang permukaan kulit, seperti kudis. Kudis ini biasa menyerang ujung jari-jari yang sebagian besar tidak dalam keadaan bersih, sehingga masuklah berbagai mikroba ke dalam kulit.

Itulah beberapa manfaat berwudhu sebelum tidur bagi kesehatan tubuh kita. Tentunya, manfaat di luar itu jauh lebih banyak dan lebih besar lagi.

Ibnu Hajar mengatakan berwudhu sebelum tidur dimaksudkan agar kita tidur dalam keadaan suci, sehingga ketika kematian tiba, kita berada dalam keadaan yang sempurna.


Demikian sedikit penjelasan seputar "Berwudhu Sebelum Tidur dan Manfaatnya Secara Medis" yang bisa saya himpun dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. Wassalam.

Kumpulan Artikel Terkait yang lainnya lihat   DISINI



Cpx24.com CPM Program

0 Komentar:

Post a Comment

Pemberitahuan :
Mohon maaf apabila komentar Sobat dari Facebook tidak bisa saya jawab semua, dikarenakan sulit untuk memoderasi komentar dari Facebook, bila sobat ada pertanyaan yang ingin lansung saya jawab, silakan Sobat berkomentar dari id Blogger.

** Jika anda terbantu dengan apa yang ada di blog ini jangan lupa untuk IZIN COPAS dan Ucapan Terimasih pada kotak komentar di bawah.**



close
Chat