MAKALAH FUNGSI TUJUAN DAN RUANG LINGKUP BIMBINGAN KONSELING

Friday, September 20, 2013

print this page
send email
MAKALAH
FUNGSI TUJUAN DAN RUANG LINGKUP  BIMBINGAN KONSELING


Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Bimbingan dan Konseling
Dosen Pengampu : ----------


Oleh :

------------------------------
--------------------------------------
--------------------------------------------



JURUSAN  TARBIYAH
PROGRAM  STUDI  PENDIDIKAN  BAHASA  ARAB
SEKOLAH  TINGGI  AGAMA  ISLAM (STAIN)
----------------------------
2013


Tujuan Bimbingan dan Konseling
Tujuan bimbingan dan konseling merupakan pernyataan yang menggambarkan kualitas perilaku atau pribadi peserta didik yang diharapkan berkembang melalui berbagai strategi layanan kegiatan yang diberikan
  • Merencanakan kegiatan penyelesaian studi, perkembangan karir serta kehidupannya dimasa yang akan datang,
  • Mengembangkan seluruh potensi dan kekuatan yang dimilikinya seoptimal mungkin,
  • Menyesuaikan diri dengan lingkungan pendidikan, lingkungan masyarakat serta lingkungan kerjanya,
  • Mengatasi hambatan dan kesulitan yang dihadapi dalam studi, penyesuaian dengan lingkungan pendidikan, masyarakat, maupun lingkungan kerja (Juntika, 2002).
  • Memiliki kemampuan menginternalisasi nilai-nilai yang terkandung dalam tugas-tugas perkembangan yang harus dikuasainya.

Fungsi Bimbingan dan Konseling
Fungsi bimbingan dan konseling ditinjau dari kegunaan atau manfaat, ataupun keuntungan-keuntungan apa yang diperoleh melalui pelayanan tersebut, dapat dikelompokkan menjadi lima fungsi  pokok, yaitu: 
  1. fungsi pemahaman, 
  2. fungsi pencegahan, 
  3. fungsi pengentasan, 
  4. fungsi pemeliharaan dan pengembangan 
  5. Fungsi advokasi.

Fungsi Pemahaman
Fungsi ini memungkinkan pihak – pihak yang berkepentingan dengan peningkatan  dan kehidupan klien (klien, konselor dan orang ketiga) memahami berbagai hal yang essensial berkenaan dengan perkembangan dan kehidupan klien.

Fungsi Pencegahan (Preventif)
Yaitu fungsi yang berkaitan dengan upaya konselor untuk senantiasa mengantisipasi berbagai masalah yang mungkin terjadi dan berupaya untuk mencegahnya, supaya tidak dialami oleh konseli.
Fungsi Pengentasan

Yaitu fungsi bimbingan dan konseling yang menghasilkan kondisi bagi terentaskannya atau teratasinya berbagai permasalahan dalam kehidupan dan/atau perkembangannya yang dialami oleh peserta didik yang mendapat pelayanan.

Fungsi Pemeliharaan dan Pengembangan
Fungsi pemeliharan berarti memelihara segala sesuatu yang baik yang ada pada diri individu, baik hal itu merupakan pembawaan maupun hasil-hasil perkembangan yang telah dicapai selama ini.

Fungsi advokasi
Yaitu fungsi bimbingan dan konseling yang menghasilkan terbantunya atau diperolehnya pembelaan atas hak dan atau kepentingan peserta didik yang kurang mendapat perhatian.

Ruang Lingkup Bimbingan dan Konseling

1. Ruang Lingkup dari segi Pelayanan :
  • Pelayanan Bimbingan Konseling di Sekolah. Terdapat tiga bidang pelayanan pendidikan yaitu ; Bidang kurikulum dan pengajaran, Bidang   administrasi dan kepimpinan, dan Bidang kesiswaan
  • Pelayanan Bimbingan Dan Konseling di Luar Sekolah
2. Ruang Lingkup dari segi Sasaran:
  • Perorangan / individual
  • Kelompok
3. Ruang Lingkup dari segi :
  • Bimbingan Konseling Pendidikan : Siswa, prestasi, pergaulan dll.
  • Bimbingan Konseling Karir : Pekerja, motivasi, dll
4. Ruang Lingkup dari segi Sosial Budaya

Dan dengan memahami lebih dalam lagi, kita akan mengetahui bahwaasannya layanan bimbingan dan konseling tidak hanya untuk peserta didik yang mempunyai masalah saja akan tetapi, layanan bimbingan dan konseling juga untuk peserta didik yang tidak mempunyai permasalahan.

Mengingat Bimbingan dan konseling bukanlah kegiatan pembelajaran dalam konteks  adegan mengajar yang layaknya dilakukan guru sebagai pembelajaran bidang studi, melainkan layanan ahli dalam konteks memandirikan peserta didik.


Demikian sedikit penjelasan seputar "Makalah Fungsi Tujuan dan Ruang Lingkup Bimbingan Konseling" yang bisa saya himpun dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda. Wassalam.

Kumpulan Makalah yang lainnya lihat   DISINI



Cpx24.com CPM Program

0 Komentar:

Post a Comment

Pemberitahuan :
Mohon maaf apabila komentar Sobat dari Facebook tidak bisa saya jawab semua, dikarenakan sulit untuk memoderasi komentar dari Facebook, bila sobat ada pertanyaan yang ingin lansung saya jawab, silakan Sobat berkomentar dari id Blogger.

** Jika anda terbantu dengan apa yang ada di blog ini jangan lupa untuk IZIN COPAS dan Ucapan Terimasih pada kotak komentar di bawah.**



close
Chat