MAKALAH
FUNGSI TUJUAN DAN RUANG LINGKUP BIMBINGAN KONSELING
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Bimbingan dan Konseling
Dosen Pengampu : ----------
FUNGSI TUJUAN DAN RUANG LINGKUP BIMBINGAN KONSELING
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Bimbingan dan Konseling
Dosen Pengampu : ----------
Oleh :
------------------------------
--------------------------------------
--------------------------------------------
JURUSAN TARBIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAIN)
----------------------------
2013
------------------------------
--------------------------------------
--------------------------------------------
JURUSAN TARBIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAIN)
----------------------------
2013
Tujuan Bimbingan dan Konseling
Tujuan bimbingan dan konseling merupakan pernyataan yang menggambarkan
kualitas perilaku atau pribadi peserta didik yang diharapkan berkembang
melalui berbagai strategi layanan kegiatan yang diberikan
- Merencanakan kegiatan penyelesaian studi, perkembangan karir serta kehidupannya dimasa yang akan datang,
- Mengembangkan seluruh potensi dan kekuatan yang dimilikinya seoptimal mungkin,
- Menyesuaikan diri dengan lingkungan pendidikan, lingkungan masyarakat serta lingkungan kerjanya,
- Mengatasi hambatan dan kesulitan yang dihadapi dalam studi, penyesuaian dengan lingkungan pendidikan, masyarakat, maupun lingkungan kerja (Juntika, 2002).
- Memiliki kemampuan menginternalisasi nilai-nilai yang terkandung dalam tugas-tugas perkembangan yang harus dikuasainya.
Fungsi Bimbingan dan Konseling
Fungsi bimbingan dan konseling ditinjau dari kegunaan atau manfaat,
ataupun keuntungan-keuntungan apa yang diperoleh melalui pelayanan
tersebut, dapat dikelompokkan menjadi lima fungsi pokok, yaitu:
- fungsi pemahaman,
- fungsi pencegahan,
- fungsi pengentasan,
- fungsi pemeliharaan dan pengembangan
- Fungsi advokasi.
Fungsi Pemahaman
Fungsi ini memungkinkan pihak – pihak yang berkepentingan dengan
peningkatan dan kehidupan klien (klien, konselor dan orang ketiga)
memahami berbagai hal yang essensial berkenaan dengan perkembangan dan
kehidupan klien.
Fungsi Pencegahan (Preventif)
Yaitu fungsi yang berkaitan dengan upaya konselor untuk
senantiasa mengantisipasi berbagai masalah yang mungkin terjadi dan
berupaya untuk mencegahnya, supaya tidak dialami oleh konseli.
Fungsi Pengentasan
Yaitu fungsi bimbingan dan konseling yang menghasilkan kondisi bagi terentaskannya atau teratasinya berbagai permasalahan dalam kehidupan dan/atau perkembangannya yang dialami oleh peserta didik yang mendapat pelayanan.
Fungsi Pengentasan
Yaitu fungsi bimbingan dan konseling yang menghasilkan kondisi bagi terentaskannya atau teratasinya berbagai permasalahan dalam kehidupan dan/atau perkembangannya yang dialami oleh peserta didik yang mendapat pelayanan.
Fungsi Pemeliharaan dan Pengembangan
Fungsi pemeliharan berarti memelihara segala sesuatu yang baik
yang ada pada diri individu, baik hal itu merupakan pembawaan maupun
hasil-hasil perkembangan yang telah dicapai selama ini.
Fungsi advokasi
Yaitu fungsi bimbingan dan konseling yang menghasilkan
terbantunya atau diperolehnya pembelaan atas hak dan atau kepentingan
peserta didik yang kurang mendapat perhatian.
Ruang Lingkup Bimbingan dan Konseling
1. Ruang Lingkup dari segi Pelayanan :
- Pelayanan Bimbingan Konseling di Sekolah. Terdapat tiga bidang pelayanan pendidikan yaitu ; Bidang kurikulum dan pengajaran, Bidang administrasi dan kepimpinan, dan Bidang kesiswaan
- Pelayanan Bimbingan Dan Konseling di Luar Sekolah
- Perorangan / individual
- Kelompok
- Bimbingan Konseling Pendidikan : Siswa, prestasi, pergaulan dll.
- Bimbingan Konseling Karir : Pekerja, motivasi, dll
Dan dengan memahami lebih dalam lagi, kita akan mengetahui bahwaasannya
layanan bimbingan dan konseling tidak hanya untuk peserta didik yang
mempunyai masalah saja akan tetapi, layanan bimbingan dan konseling juga
untuk peserta didik yang tidak mempunyai permasalahan.
Mengingat Bimbingan dan konseling bukanlah kegiatan pembelajaran dalam konteks adegan mengajar yang layaknya dilakukan guru sebagai pembelajaran bidang studi, melainkan layanan ahli dalam konteks memandirikan peserta didik.
Mengingat Bimbingan dan konseling bukanlah kegiatan pembelajaran dalam konteks adegan mengajar yang layaknya dilakukan guru sebagai pembelajaran bidang studi, melainkan layanan ahli dalam konteks memandirikan peserta didik.
Demikian sedikit penjelasan seputar
"Makalah Fungsi Tujuan dan Ruang Lingkup Bimbingan Konseling" yang bisa saya himpun dari berbagai sumber.
Semoga bermanfaat dan dapat membantu anda. Wassalam.
Kumpulan Makalah yang lainnya lihat DISINI
0 Komentar:
Post a Comment
Pemberitahuan :
Mohon maaf apabila komentar Sobat dari Facebook tidak bisa saya jawab semua, dikarenakan sulit untuk memoderasi komentar dari Facebook, bila sobat ada pertanyaan yang ingin lansung saya jawab, silakan Sobat berkomentar dari id Blogger.
** Jika anda terbantu dengan apa yang ada di blog ini jangan lupa untuk IZIN COPAS dan Ucapan Terimasih pada kotak komentar di bawah.**