Mengenal Anatomi Vagina Wanita

Tuesday, August 28, 2012

print this page
send email
Untuk catatan kali ini, Raja_Dihati akan membahas seputar anatomi vagina pada wanita yang tentu saja mempunyai bagian-bagian tersendiri dan mempunyai fungsi yang berbeda juga:

Saat pertama kali wanita berhubungan intim, maka selaput daranya akan robek. Biasanya, kaum hawa yang baru bersanggama juga mengalami rasa sakit dan perih. Apakah kondisi ini selalu dialami perawan?

Istilah keperawanan ditujukan untuk wanita yang memang belum pernah berhubungan intim sebelumnya. Keberadaan selaput dara yang utuh, sering kali dijadikan bukti fisik keperawanan.

Oke Langsung aja saya jelaskan Satu demi satu....


1. Klitoris
    Klitoris ini letaknya diantara ujung paling atas labia mayora (bibir luar) yang berwarna merah muda dan mempunyai semacam tudung diatasnya. Biasanya jika wanita menerima rangsangan dari luar maka klitorisnya ini akan tegang mengeras, hal ini terjadi karena klitoris mengandung banyak sekali syaraf, hampir sama seperti kepala penis pada laki-laki.


2. Labia
    Labia ini terdiri dari labia mayora (bibir luar) dan labia minora (bibir dalam), bagian dalam bibir luar ini berwarna merah muda dengan dengan pembuluh vena yang keungu-unguan. Dengan kondisinya yang hampir selalu lembab, labia luar ini cukup halus dan licin, keduanya bisa menutup rapat, hingga menutupi bibir yang sebelah dalam (labia minora), namun kebanyakan agak sedikit terbuka (terutama yang sudah pernah melakukan hubungan badan).
Labia minora (bibir dalam) ini berukuran lebih kecil, warnanya merah muda dan juga selalu lembab, bentuknya berkerut, bergelombang dan berlapis. Dibagian dalam labia minora inilah terdapat lubang vagina.


3. Bagian dalam Vagina
    Bagian dalam vagina sangat berbeda dengan mulut kita, ia lebih mirip dengan kerongkongan (berkerut, berjonjot) sangat lembut dan bisa meregang, gampang didorong, tetapi juga kuat karena mempunyai otot-otot. Dibagian dinding depan memiliki satu gundukan yang memisahkan dua bagian : vestibular (bagian terluar vagina) dan rongga vestibular (bagian yang tertutup dibalik gundukan).
Didalam lubang vagina selalu lembab dan licin, dalam kondisi normal vagina cukup dicuci dengan air bersih pada bagian luar dan sedikit ke bibir dalam, akan tetapi jangan sampai masuk kedalam lubang vagina, apalagi menggunakan sabun atau pembersih lain, jika ini dilakukan vagina akan terasa perih karena dalam lubang vagina mempunyai keseimbangan mikrobial dan PH (derajat keasaman) tertentu yang harus dijaga secara hati-hati.

4. Cervix
    Merupakan anatomi wanita yang mempunyai banyak fungsi hebat. Cervix mampu mengeluarkan mucus yang mampu menjaga sperma tetap diluar uterus dan bisa menyimpan sperma kalau memang mau terjadi pembuahan. Cervix juga bisa mengembangkan semacam pegangan untuk menempelkan bayi pada saat hamil, dan cervix bisa membesar dan mengecil.


Demikian sekilas tulisan singkat mengenai anatomi vagina wanita dari Raja_Dihati, semoga dapat bermanfaat buat pengetahuan kita bersama. Sampai jumpa di Pendidikan Materi Kesehatan Selanjutnya... Wassalam....




Cpx24.com CPM Program

1 Komentar:

Pemberitahuan :
Mohon maaf apabila komentar Sobat dari Facebook tidak bisa saya jawab semua, dikarenakan sulit untuk memoderasi komentar dari Facebook, bila sobat ada pertanyaan yang ingin lansung saya jawab, silakan Sobat berkomentar dari id Blogger.

** Jika anda terbantu dengan apa yang ada di blog ini jangan lupa untuk IZIN COPAS dan Ucapan Terimasih pada kotak komentar di bawah.**



close
Chat